Surfing the Technology

Go Inside From The Surface!

PENDAHULUAN

Saya akan sharing sedikit ilmu yang saya dapat dari https://github.com/OpenSID/OpenSID/wiki/Panduan-Penggunaan-OpenSID tentang Panduan penggunaan OpenSID

TUJUAN

Dapat menguasai modul penggunaan OpenSID

WAKTU PELAKSANAAN 

10 - 15 Menit

BAHAN PELAKSANAAN

  1. Brainware
  2. Snack jika lapar
  3. Koneksi Internet

RANGKAIAN PELAKSANAAN

Modul Administrasi

Panduan bagian ini berurusan dengan fitur yang ada di Modul Administrasi. Di instalasi standar, modul Administrasi dapat diakses di http://localhost/OpenSID/index.php/siteman. Atau bisa juga, klik di tautan pada footer Modul Web (http://localhost/OpenSID) seperti tampak di gambar di bawah.

Pada tampilan login, isikan username dan password administrator SID. Pada instalasi awal, login administrator adalah sebagai berikut:
  • Username: admin
  • Password: sid304
Kalau login salah lebih dari 3 (tiga) kali, untuk keamanan form login akan terkunci untuk beberapa menit.
Sebaiknya demi keamanan data SID, password default/awal di atas segera diganti.
login-admin
Setelah login, modul Administrasi akan ditampilkan, seperti terlihat di gambar berikut.

Modul Administrasi inilah inti dari SID. Modul Administrasi berisi fitur untuk memudahkan tugas kantor desa seperti mengelola data desa, mencetak surat dan laporan; dan untuk mengelola informasi yang ditampilkan di website desa.
Berikut ini dijelaskan masing-masing menu di modul Administrasi.

Konfigurasi Aplikasi

OpenSID menyediakan berbagai setting konfigurasi untuk menyesuaikan aplikasi dengan kebutuhan desa. Misalnya, ada setting untuk menggantikan sebutan desa dengan kata lain, misalnya kampung. Panduan mengubah konfigurasi aplikasi ada di Panduan Konfigurasi Aplikasi.

 SID Home

Identitas Desa

Di form isian ini, masukkan data dasar desa seperti nama desa, alamat kantor desa, logo desa dsbnya. Petunjuk fitur ini ada di Petunjuk Pengisian Identitas Desa.

Pemerintah Desa

Fitur ini dipakai untuk mengelola daftar perangkat desa, seperti kepala desa, sekretaris desa dan sebagainya. Perangkat desa yang terdaftar di laman ini akan tampil sebagai anggota pemerintah desa yang dapat menandatangani surat di modul Cetak Surat.
Petunjuk fitur ini ada di Pengisian Pemerintah Desa.

SID

Laman ini berisi informasi mengenai SID, termasuk tautan sumber informasi seputar OpenSID.

 Penduduk

Salah satu fungsi utama SID adalah untuk mengelola data penduduk desa. Petugas SID di desa perlu selalu berusaha agar data penduduk yang tersimpan dalam SID lengkap, akurat dan terkini.
Panduan untuk sub-menu Penduduk:
Petunjuk pengelolaan data penduduk ada di Panduan Mengelola Data Penduduk.

 Statistik

Menu ini berisi fitur untuk menampilkan berbagai statistik kependudukan, termasuk laporan bulanan. Untuk penjelasan statistik yang tersedia, pergi ke:

 Cetak Surat

Cetak Surat

Salah satu fungsi SID yang sangat membantu kantor desa adalah kemampuannya untuk mencetak berbagai surat administrasi kependudukan yang biasa disiapkan oleh kantor desa. Data untuk setiap surat diambil secara langsung dari database penduduk.
Modul Cetak Surat menyediakan fitur untuk mencetak surat, untuk mengelola arsip layanan, untuk mengelola jenis surat yang disediakan dan untuk mengubah format surat sesuai kebutuhan desa.
Panduan modul Cetak Surat ada di Cetak Surat.

 Sekretariat

Surat Keluar

Tab Surat Keluar digunakan untuk mengelola surat keluar non-layanan yang dikeluarkan oleh kantor desa.
Perhatian. Fitur ini belum diterapkan.

Surat Masuk

Tab Surat Masuk digunakan untuk mengelola surat masuk yang diterima oleh kantor desa. Petunjuk pengelolaan surat masuk menggunakan OpenSID ada di Surat Masuk.

SK KADES

Tab SK KADES digunakan untuk mengelola arsip SK Kepala Desa. Petunjuk pengelolaan arsip SK Kepala Desa ada di SK KADES.

PERDES

Tab PERDES digunakan untuk mengelola arsip Peraturan Desa. Petunjuk pengelolaan arsip Peraturan Desa ada di PERDES.

Inventaris Desa

Tab Inventaris Desa digunakan untuk mengelola inventaris barang dan kekayaan desa, termasuk mengeluarkan Buku Inventaris dan Kekayaan Desa sesuai dengan Permendagri No. 47 Tahun 2016. Petunjuk pengelolaan Inventaris Desa ada di Inventaris Desa.

 Analisis

Menu Analisis tempat mengelola data hasil survei sesaat, seperti Analisis Kemiskinan Partisipatif, atau tempat menyerap data yang perlu dikelola berkesinambungan, seperti Profil Desa dan Kelurahan (Prodeskel).
Data serapan seperti Prodeskel dikelola sebagai analisis bawaan sistem dan sama untuk semua pengguna. Data survei sekali pakai berbeda untuk setiap desa.
Petunjuk pengelolaan Analisis ada di Pengelolaan Analisis.

 Bantuan

Program bantuan yang dikelola desa, seperti bantuan pada kelompok masyarakat tertentu, dapat direkam di SID pada modul Bantuan.
Petunjuk pengelolaan Program Bantuan ada di Pengelolaan Program Bantuan.

 Persil

Petunjuk modul Persil ada di Panduan Persil.

 Plan

Petunjuk modul Plan untuk mengisi data Peta / GIS ada di Panduan Plan / Data Peta

 Peta

Petunjuk pengelolaan Peta ada di Panduan Pengelolaan Peta.

 SMS

Modul SMS memungkinkan desa mengirim SMS secara massal kepada banyak penerima atau kepada perorangan. SMS dikirim/diterima menggunakan library/layanan eksternal yang perlu diintegrasikan dulu dengan modul SMS.
Modul SMS menyediakan fasilitas untuk mengelola daftar kontak dan juga mengelola pesan yang dikirim maupun yang diterima.
Panduan modul SMS ada di SMS.

 Pengguna

SID mengenal beberapa kategori pengguna, di mana masing-masing kategori mempunyai hak akses tertentu. Penjelasan kategori pengguna beserta petunjuk pengaturan pengguna lainnya ada di Panduan Pengaturan Pengguna.
Masalah pengaturan pengguna yang sering ditemui dibahas di Tanya jawab pengaturan pengguna.

 Database

Modul Database menyediakan fitur terkait administrasi database SID, termasuk impor data, ekspor data, backup/restore dan sebagainya. Penjelasan fitur yang tersedia di Modul Database ada di Panduan Administrasi Database.

 Admin Web

Modul Web bisa diakses pada http://localhost/OpenSID/index.php/first. Walaupun bisa diakses pada SID offline (yaitu instalasi yang tidak bisa diakses dari internet), umumnya modul Web ditujukan pada instalasi SID online, yang bisa diakses melalui internet. Antara lain, isi modul Web adalah untuk mendukung transparansi kegiatan pemerintah desa, menggalang partisipasi warga, promosi produk dan kelebihan desa, dsbnya.
Gambar berikut menunjukkan secara umum tampilan modul Web, yang dapat diakses pada http://localhost/OpenSID/index.php/first.

Petunjuk mengelola masing-masing unsur tampilan web itu ada di Panduan Administrasi Web.

 Laporan

Layanan Mandiri memungkinkan warga untuk mengakses data mereka sendiri (seperti biodata dan kartu keluarga) dan mengirimkan laporan kepada kantor desa melalui web desa.
Fitur untuk mengelola penduduk yang dapat mengakses layanan mandiri dan mengelola laporan dari penduduk ada di modul Laporan. Petunjuknya ada di Panduan Administrasi Layanan Mandiri.

REFERENSI

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib