Surfing the Technology

Go Inside From The Surface!

Image result for wordpress

PENDAHULUAN

WordPress pertama kali hadir di tahun 2003 sebagai pengembangan dari aplikasi blog b2/cafelogoleh Matt Mullenweg dan Mike Little. Pada awalnya wordpress berfokus pada media blog pribadi, dimana konten web diurutkan berdasarkan kronologis. Namun dalam perkembangannya, wordpress berubah dari sekedar blogging platform (hanya untuk membuat blog), menjadi aplikasi CMS yang bisa digunakan untuk membuat website duluar blog, seperti online shop, corporate website, situs edukasi, dll.
Saat ini WordPress termasuk kedalam kelompok aplikasi yang disebut dengan Content Management System (CMS)CMS adalah suatu sistem untuk men-publish, mengedit, memodifikasi, menghapus, dan mengorganisasi konten secara terpusat (wikipedia). Dalam hal ini, konten yang dimaksud adalah artikel yang akan menjadi isi dari website.
Sebenarnya kita bisa membuat website tanpa harus menggunakan CMS. Tutorial HTML dan CSS dasar yang ada di duniailkom ini sudah mencukupi untuk membuat website sederhana. Namun kebanyakan orang tidak memiliki waktu untuk mempelajari kode pemrograman web tersebut. Belum lagi dengan kompleksitas yang diperlukan untuk mengorganisasi ratusan artikel yang nantinya ada di dalam website.
Dikarenakan hal ini, beberapa programmer web mulai membuat aplikasi siap pakai yang ditujukan agar siapapun bisa membuat website tanpa harus mengerti kode-kode program. Kita hanya tinggal men-klik menu-menu tertentu, dan sebuah website dengan tampilan modern siap di publish ke internet.
Selain wordpress, masih banyak CMS-CMS lain yang bisa digunakan untuk membuat website. Ada yang berbayar, namun banyak juga yang gratis seperti joomla dan drupal. CMS juga dikategorikan menurut keperluannya. Jika anda ingin membuat forum, bisa menggunakan vBulletin. Untuk membuat online shop bisa menggunakan Magento, Prestashop, atau Opencart. List lengkapnya bisa anda lihat di http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_content_management_systems.

TUJUAN

Agar dapat menginstall CMS Wordpress pada server sendiri

WAKTU PELAKSANAAN

5 - 15 Menit

BAHAN PELAKSANAAN

  1. Server yang sudah terinstall L.A.M.P/L.E.M.P
  2. Brainware
  3. Koneksi Internet
  4. Download Wordpress nya disini http://wordpress.org/latest.zip

URAIAN KEGIATAN

  1. Siapkan CMS Yang sudah di download tadi.
  2. Ekstrak Wordpress nya dengan perintah "unzip".
  3. Pindahkan folder Wordpress yang sudah di ekstrak ke /var/www/html/.
    mv wordpress /var/www/html/
  4. Berikan hak akses ke folder tersebut.
    chmod -R 755 wordpress
    chown -R www-data:www-data wordpress 
  5. Masuk ke MySql dengan perintah "mysql -u root -p" Dan buat database untuk Wordpressnya.
    create database wp; 
  6. Ketikan IPANDA/NAMAFODLERWP, kemudian Klik Tombol "Let's Go".
  7. Isi data nya sesuai data kalian.
  8. Klik "run the installation".
  9. Isi informasi nya sesuai kebutuhan, Jangan lupa centang "Confirm Use of the Weak Password" Jika ingin menggunaka password lemah.
  10. Selesai Menginstall.
  11. Login ke halaman Admin.
  12. Tampilan Utama Admin Wordpress

REFERENSI

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib