Surfing the Technology

Go Inside From The Surface!


Hai guys kembali lagi bersama saya :)

Image result for Osi Layer logo

A. Pendahuluan
Model referensi jaringan terbuka OSI adalah sebuah model arsitektural jaringan yang dikembangkan oleh badan International Organization for Standardization (ISO) di Eropa pada tahun 1977. OSI sendiri merupakan singkatan dari Open System Interconnection.



B. Latar Belakang
Untuk dapat dengan jelas mengerti mengenai keamanan jaringan komputer, kita harus terlebih dahulu mengerti bagaimana jaringan komputer bekerja.

C. Maksud dan Tujuan
Agar kita bisa mengerti 7 OSI Layer dan mengerti apa fungsinya

D. Alat dan Bahan
  1.     Laptop/Komputer
  2.     Akses Internet
  3.     Snack kalau lapar (optional)
E. Waktu Pelaksanaan
15 - 30 Menit

F. Uraian Kegiatan
Sebelum munculnya model referensi OSI, sistem jaringan komputer sangat tergantung kepada vendor. Model referensi ini pada awalnya ditujukan sebagai basis untuk mengembangkan protokol-protokol jaringan, meski pada kenyataannya inisatif ini mengalami kegagalan.

Kegagalan itu disebabkan oleh beberapa faktor berikut :


  • Standar model referensi ini, jika dibandingkan dengan model referensi DARPA yang dikembangkan oleh Internet Engineering Task Force (IETF), sangat berdekatan. 
  • Model referensi ini dianggap sangat kompleks. Beberapa fungsi dianggap kurang bagus, sementara fungsi lainnya diulang-ulang pada beberapa lapisan.
  • Pertumbuhan Internet dan protokol TCP/IP membuat OSI Reference Model jadi kurang diminati.
Mengenal Struktur OSI Layer :


7
Aplikasi
Berfungsi sebagai antarmuka dengan aplikasi dengan fungsionalitas jaringan, mengatur bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan, dan kemudian membuat pesan-pesan kesalahan. Protokol yang berada dalam lapisan ini adalah HTTP, FTP, SMTP, dan NFS.
6
Presentasi
Berfungsi untuk mentranslasikan data yang hendak ditransmisikan oleh aplikasi ke dalam format yang dapat ditransmisikan melalui jaringan.
5
Sesi
Berfungsi untuk mendefinisikan bagaimana koneksi dapat dibuat, dipelihara, atau dihancurkan. Selain itu, di level ini juga dilakukan resolusi nama.
4
Transport
Berfungsi untuk memecah data ke dalam paket-paket data serta memberikan nomor urut ke paket-paket tersebut sehingga dapat disusun kembali pada sisi tujuan setelah diterima.
3
Network
Berfungsi untuk mendefinisikan alamat-alamat IP, membuat header untuk paket-paket, dan kemudian melakukan routing melalui internetworking .
2
Data Link
Befungsi untuk menentukan bagaimana bit-bit data dikelompokkan menjadi format yang disebut sebagai frame.
1
Physical
Berfungsi untuk mendefinisikan media transmisi jaringan, metode pensinyalan, sinkronisasi bit, arsitektur jaringan, topologi jaringan dan perkabelan.

Cara Kerja OSI Layer :
Pembentukan paket dimulai dari layer teratas model OSI. Application layer mengirimkan data ke presentation layer, di presentation layer data ditambahkan header dan atau trailer kemudian dikirim ke layer dibawahnya, pada layer dibawahnya pun demikian, data ditambahkan header atatu trailer kemudian dikirimkan ke layer dibawahnya lagi, terus demikian sampai ke physical layer. Di physical layer data dikirimkan melalui media transmisi ke host tujuan. Di host tujuan paket data mengalir dengan arah sebaliknya, dari layer paling bawah ke layer paling atas.

Protocol pada physical layer di host tujuan mengambil paket data dari media transmisi kemudian mengirimkannya ke data link layer, data link layer memeriksa data link layer header yang ditambahkan host pengirim pada paket, jika host bukan yang dituju oleh paket tersebut maka paket itu akan di buang, tetapi jika host adalah yang dituju oleh paket tersebut maka paket akan dikirimkan ke network layer, proses ini terus berlanjut sampai application layer di host tujuan. Proses pengiriman paket dari layer ke layer ini disebut dengan “peer-layer communication”.

G. Hasil yang di dapat
Mengerti tentang 7 OSI Layer untuk bisa lebih dikembangkan 

H. Kesimpulan
Jika kita sudah mahir di OSI Layer kita bisa meneruskan ilmu kita ke lebih tinggi lagi contoh nya Mikrotik dan Pelajaran Networking lainnya .

I. Referensi

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib