Surfing the Technology

Go Inside From The Surface!




A. Pendahuluan
    Kali ini saya akan sedikit berbagi sedikit ilmu komputer yang cukup mudah dipahami


B. Latar Belakang
    Berguna untuk memahami konsep dasar komputer agar tidak saat melangkah ke selanjutnya mudah

C. Maksud Dan Tujuan
    Memahami dan Mengerti Konsep Dasar Komputer.


D. Alat dan Bahan
    1. Komputer
    2. Akses Internet
     3. Snack kalau merasa lapar (optional)


E. Waktu Pelaksanaan
   30 - 60 Menit

F. Uraian Kegiatan
  Definisi Komputer 
     Komputer merupakan suatu perangkat elektronika yang dapat menerima dan mengolah data menjadi informasi, menjalankan program yang tersimpan dalam memori, serta dapat bekerja secara otomatis dengan aturan tertentu. Komputer berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti menghitung. Karena luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan termininologi komputer


Konsep dasar komputer sangat di butuhkan oleh para tenaga IT karena ini merupakan pondasi mereka.
 Klasifikasi Komputer
1.     Berdasarkan Sinyal Masukan (Pengolahan Data)
a.      Komputer Analogà menerima sinyal masukan berupa data analog, jenis data kontinyu (bukan angka, tapi fisik).
Contoh : komputer penghitung arus listrik, temperature, kecepatan, tekanan, aliran BBM dalam SPBU
b.      Komputer Digitalà mernerima masukan digital, merupakan komputer
kebanyakan yang kita kenal. Data berupa angka dan huruf, lebih cepat, lengkap dan kompleks, serta dapat menyimpan data.
c.      Komputer hybridà menerima masukan analog dan digital.
2.    Berdasarkan Tujuan Pembuatan (Penggunaan)
a.      General Purpose, merupakan komputer yang dikembangkan untuk kebutuhan umum. Contoh : PC (personal computer), Notebook, dll
b.      Special Purpose, merupakan komputer yang dikembangkan untuk kebutuhan khusus. Contoh : komputer khusus untuk bermain catur, dll.
3.    Berdasarkan Ukuran
Berdasarkan ukuran fisik dan kapabilitasnya, komputer dapat diklasifikasikan menjadi:
a.      Komputer mikro, berukuran kecil, biasanya dipergunakan oleh satu orang. Contoh: PC, Notebook, Palmtop, PDA, dll.
b.      Komputer Mini, berukuran lebih besar, biasa digunakan untuk kebutuhan pekerjaan yang lebih besar juga. Contoh : komputer Alfa, dll.
c.      Super computer, merupakan komputer berkinerja amat tinggi, biasanya untuk memenuhi kebutuhan pemprosesan yang amat besar. Contoh : Cray, DeepBlue, EarthSimulator, dll.
  Sistem Komputer
Untuk mewujudkan konsepsi komputer sebagai pengolah data guna menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan sistem komputer (computer system) yang elemennya terdiri dari hardwaresoftware dan brainware. Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tiada bermanfaat apabila tidak ada manusia (brainware) yang mengoperasikan dan mengendalikannya.
1.     Hardware (Perangkat Keras), merupakan rangkaian elektronika. Perangkat keras komputer secara garis besar terdiri atas tiga komponen utama (CPU/ processor, memory, dan input-output device).
a.      Processorà merupakan bagian dari perangkat keras komputer yang melakukan pemprosesan aritmatika dan logika serta pengendalian operasi komputer secara keseluruhan. Prosesor terdiri atas dua bagian utama, yaitu ALU (Arithmetic Logic Unit) dan Control Unit. Kecepatan kerja prosesor biasanya ditentukan oleh kecepatan clock dari Control Unit-nya.
b.      Memoryà berdasarkan fungsinya dibagi menjadi dua yaitu: memori primer dan memori sekunder. 
1)     Primary Memory, dipergunakan untuk menyimpan data dan instruksi dari program yang sedang dijalankan. Biasa juga disebut sebagai RAM. Karakteristik dari memori primer adalah:
      Volatil (informasi ada selama komputer bekerja. Ketika komputer dipadamkan, informasi yang disimpannya juga hilang)
      Kecepatan tinggi
      Akses random (acak)
      Input dan Output Device memori
2)    Secondary Memory, dipergunakan untuk menyimpan data atau program biner secara permanen. Karakteristik dari memori sekunder adalah: 
      Non volatil atau persisten
      Kecepatan relatif rendah (dibandingkan memori primer)
      Akses random atau sekuensial
      Contoh memori sekunder : floppy, harddisk, CD ROM, magnetic tape, optical disk, dll. Dari seluruh contoh tersebut, yang memiliki mekanisme akses sekuensial adalah magnetic tape.
c.      Input-Output Device, merupakan bagian yang berfungsi sebagai penghubung antara komputer dengan lingkungan di luarnya. Dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu: 
1)   Input Device (Piranti Masukan), berfungsi sebagai media komputer untuk menerima masukan dari luar. Beberapa contoh piranti masukan: keyboard,  mouse, touch screen, scanner, camera, modem, network card, dll.
2)  Output Device (Piranti Keluaran), berfungsi sebagai media komputer untuk memberikan keluaran. Beberapa contoh piranti keluaran: monitor, printer, speaker, plotter, modem, network card, dll.
2.    Software (Perangkat Lunak), merupakan program yang dijalankan pada computer.
Perangkat lunak dapat diklasifikasikan sebagai berikut: 
a.      Sistem Operasi, merupakan perangkat lunak yang mengoperasikan komputer serta menyediakan antarmuka dengan perangkat lunak lain atau dengan pengguna. Contoh sistem operasi : MS DOS, MS Windows (dengan berbagai generasi), Macintosh, OS/2, UNIX (dengan berbagai versi), LINUX (dengan berbagai distribusi), NetWare, dll.
b.      Program Utilitas, merupakan program khusus yang berfungsi sebagai perangkat pemeliharaan komputer, seperti anti virus, partisi hardisk, manajemen hardisk, dll. Contoh produk program utilitas : Norton Utilities, PartitionMagic, McAfee, dll.
c.      Program Aplikasi, merupakan program yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan yang spesifik. Contoh : aplikasi akuntansi, aplikasi perbankan, aplikasi manufaktur, dll
d.     Program Paket, merupakan program yang dikembangkan untuk kebutuhan umum, seperti :
1)      Pengolah kata /editor naskah : Wordstar, MS Word, Word Perfect, AmiPro, dll
2)     Pengolah angka / lembar kerja : Lotus123, MS Excell, QuattroPro, dll
3)     Presentasi : MS PowerPoint, dll
4)     Desain grafis : CorelDraw, PhotoShop, dll
e.      Bahasa Pemprograman, merupakan perangkat lunak untuk pembuatan atau pengembangan perangkat lunak lain. Bahasa pemprograman dapat diklasifikasikan menjadi tingkat rendah, tingkat sedang, dan tingkat tinggi. Pergeseran dari tingkat rendah ke tinggi menunjukkan kedekatan dengan ‘bahasa manusia’. Bahasa tingkat rendah (atau biasa disebut bahasa assembly) merupakan bahasa dengan pemetaan satu persatu terhadap instruksi komputer. Contoh bahasa tingkat tinggi : Pascal, BASIC, Prolog, Java dll. Contoh bahasa tingkat menengah : bahasa C. Seperti perangkat lunak lain, bahasa pemprograman juga memiliki pertumbuhan generasi.
3.    Brainware (SDM), manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan system computer.
Terdapat berbagai peran yang dapat dilakukan manusia dalam bagian system komputer. Beberapa peran di antaranya adalah :
a.      Analis Sistem, berperan melakukan analisis terhadap permasalahan yang dihadapi, serta merancang solusi pemecahannya dalam bentuk program komputer.
b.      Programmer, berperan menerjemahkan rancangan yang dibuat analis kedalam bahasa pemprograman sehingga solusi dapat dijalankan oleh computer.
c.      Operator, bertugas menjalankan komputer berdasarkan instruksi yang diberikan
d.     Teknisi, bertugas merakit atau memelihara perangkat keran computer.
   Program Aplikasi Komputer
Program aplikasi komputer merupakan bagian dari perangkat lunak komputer (software). Beberapa program aplikasi, diantaranya: 
1.       Perkantoran: Ms.office, open office
2.      Grafis: corel draw, GIMP, photoshop 
3.      Multimedia: winamp, WMP, quick time
4.      Internet: internet explorer, mozilla firefox, opera
5.      Game: aneka game
6.      Bisnis: SPSS
7.      Utilitas: winrar, winzip, pixie (penangkap kode gambar)
8.      Keamanan: antivirus
9.      Pengembang (membuat dan mengedit CSS): topstyle, XAMPP for windows, adobe dream weaver
10.    Jaringan (mengelola tugas internet): IDM
11.     Komunikasi: mozilla thunderbird (membaca email)


G. Hasil Yang Didapat
    Mengerti dan Memahami Konsep Dasar Komputer.


H. Kesimpulan
    Lebih mengenal lebih dalam konsep dasar pada komputer.

I.  Referensi

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib