Surfing the Technology

Go Inside From The Surface!

Image result for NTPdebian
A. Pendahuluan
Network Time Protocol atau lebih sering disebut  dengan istilah NTP adalah sebuah mekanisme atau protokol yang digunakan untuk melakukan sinkronisasi terhadap penunjukwaktu dalam sebuah sistem komputer dan jaringan.

B. Latar Belakang
NTP Sangat penting baik untuk server maupun jaringan agar waktu dapat sinkron.

C. Maksud dan Tujuan
Diharapkan bisa mengerti konsep dasar NTP

D. Alat dan Bahan
  1.  Laptop/Komputer
  2.  Akses Internet
  3.  Snack kalau lapar (optional)
E. Waktu Pelaksanaan
15 - 30 Menit

F. Uraian Kegiatan 
Proses sinkronisasi ini dilakukan di dalam jalur komunikasi data yang biasanya menggunaka n protokol komunikasi TCP/IP.Sehingga proses ini sendiri dapat dilihat sebagai proses komunikasi data biasa yang hanya
melakukan pertukaran paket-paket data saja.NTP menggunakan port komunikasi  UDP nomor 123. Protokol ini memang didesain untuk dapat bekerja dengan baik meskipun media komunikasinya bervariasi, mulai dari
yang waktu latensinya tinggi hingga yang rendah, mulai dari media kabel sampai  denga nmedia udara. Protokol ini memungkinkan perangkat-perangkat komputer untuk tetap dapatmelakukan sinkronisasi waktu dengan sangat tepat dalam berbagai media tersebut.

Biasanya dalam sebuah jaringan, beberapa node dilengkapi dengan fasilitas NTP  dengan tujuan untuk membentuk sebuah subnet sinkronisasi. Node-node tersebut kemudian akan saling berkomunikasi dan ber sinkronisasi menyamakan waktu yang direkam mereka. Meskipun ada beberapa node yang akan menjadi master (primary server), protokol NTP tidak membutuhkan mekanisme pemilihan tersebut.


G. Hasil yang didapatMengerti Konsep dasar NTP

H. Kesimpulan
NTP adalah salah satu server yang wajib dikuasai oleh para IT Engineer.

I. Referensi
MODUL MTCNA








No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib